Minggu, 21 Mei 2023

DNS Google Adalah: Pengertian, Manfaat dan Cara Penggunaan

Posted by Donadone IT on Mei 21, 2023 with No comments

DNS Google Adalah: Pengertian, Manfaat dan Cara Penggunaan - Jika kita bisa memakai DNS dengan tepat, maka bisa membantu kita memiliki koneksi lebih baik, misal salah satunya saat memakai DNS Google saat melakukan browsing. Adanya DNS public Google ini bukan hanya bisa membantu mempercepat jaringan atau akses ke suatu website saja, tetapi juga bisa mendapatkan koneksi secara lebih aman.

DNS Google Adalah ? Mengenal Definisinya

Apa yang Dimaksud dengan DNS Google?

DNS Google Adalah ? Mengenal Definisinya

Publik DNS ini disediakan Google dan sering digunakan oleh banyak orang karena DNS public Google tersebut dianggap bisa memberikan koneksi lebih baik dari beberapa sisi. DNS sendiri merupakan sebuah sistem dengan fungsi menghubungkan URL website ke alamat IP. Seperti buku telepon dengan daftar nomor seluruh dunia.

DNS google adalah menyimpan setiap domain di internet. Ketika DNS memiliki sistem yang baik, proses menemukan alamat website dapat berjalan cepat. Google DNS ialah salah satu jenis DNS dengan kualitas tinggi dan sering direkomendasikan.

Keuntungan

Ada semakin banyak situs web memproses pencarian informasi yang dilakukan oleh DNS server atau DNS Lookup, hal tersebut membuat kompleks pada beberapa aspek. Google yang merupakan search engine paling besar meluncurkan DNS Google agar bisa mengatasi permasalahan seperti itu. Ini dia beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan saat memakai layanan dari Google DNS Android:

1.     Lebih menjamin keamanan

Mungkin banyak orang yang berniat memakai DNS Google karena kecepatan yang menjanjikan, tetapi DNS Google menawarkan keamanan secara maksimal juga sebagai manfaat utama. Masalah yang biasa dialami penyedia public DNS yaitu kemungkinan layanannya digunakan untuk tujuan serangan DDos atau Denial of Services.

Bisa dimanfaatkan juga untuk melakukan serangan Amplification yaitu teknik penerjemahan dengan tujuan eksplisit serta parafrase informasi implisit pada bahasa sumber. Layanan DNS public Google memiliki fitur canggih yang bisa melindungi para pengguna dari serangan-serangan seperti itu. Terutama kalau Anda masih memakai perangkat versi lama, maka DNS public Google sangat bermanfaat..

2.     Mampu mempercepat akses browsing

Ini dia keuntungan yang dicari-cari banyak orang yaitu DNS miliki Google ini mampu mempercepat akses browsing. Pada dasarnya DNS public Google memakai jaringan server anycast secara global yang memungkinkan DNS public Google mencari server terdekat dengan user sehingga bisa mempercepat pencarian domain pada DNS server Google.

DNS satu ini juga mampu menjalankan metode canggih untuk menurunkan latency atau waktu jeda memproses paket ke penerima dari pengirim. Metode tersebut dilakukan pada proses query server. Google melakukan juga beberapa optimasi dalam mengelola cache di infrastruktur milik mereka.

3.     Request diproses tanpa redirection

Keunggulan lain DNS public Google yaitu tak ada redirect saat situs yang diakses memang tidak ada sebenarnya. DNS dari ISP kadang redirect saat domain yang diakses tidak muncul. Tidak ada proses seperti itu untuk DNS Google melainkan akan memberikan query sesuai kondisi aslinya.

Saat domain tak tersedia atau terdapat kesalahan mengetikkan domain, maka user mendapatkan respon NXDOMAIN sehingga bisa memberi tahu kalau user sedang mengakses domain tidak dikenal. Jadi, tidak melakukan redirect layaknya DNS server umumnya.

4.     Geografis bisa tercakup lebih luas

Untuk DNS private atau tertutup, hal satu ini mungkin bukan menjadi masalah. Tetapi untuk DNS publik, makin server dekat ke user, maka makin kecil latency. Kebalikannya, kalau makin jauh, semakin tinggi angka latency. Pemilihan DNS server tidak jauh dari lokasi server web berada. Selain itu, DNS public Google ada pada banyak data center dengan cakupan seluruh dunia.

Infrastruktur ini didukung juga dengan perutean anycast agar mengirimkan respon dari lokasi data center paling dekat dengan server web secara geografis.

5.     DNS via HTTPS

Kelebihan DNS Google Android lain yaitu mampu mengembangkan layanan DNS memakai HTTPS, koneksi DNS akan terenkripsi HTTPS. Jika DNS terenkripsi memakai HTTPS, maka bisa mencegah baik itu kerusakan, spoofing atau penyadapan, dan mampu lebih menjamin keamanan koneksi antara DNS Google itu sendiri dengan user.

Langkah-Langkah Penggunaan Google DNS Adalah

Langkah-Langkah Penggunaan Google DNS Adalah

Baik itu pada semua jenis sistem operasi maupun perangkat yang sedang terhubung dengan jaringan internet sebenarnya sama saja. Hanya cukup input alamat IP server DNS ke pengaturan koneksi sebagai berikut:

  • IPv4: 8.8.4.4 dan 8.8.8.8
  • IPv6 : 2001:4860:4860::8844 dan 2001:4860:4860::8888

Tapi tiap perangkat memiliki pengaturan berbeda-beda. Coba aktifkan DNS public Google dengan langkah-langkah berikut sesuai dengan perangkat terkait yang digunakan:

1.     Memakai Google DNS pada perangkat Windows

Mengatur setting DNS Google pada perangkat Windows sebenarnya cukup mudah. Kamu hanya harus lakukan beberapa klik lalu input alamat IP, ini langkah lebih jelasnya:

  • Langkah pertama, buka pengaturan jaringan di perangkat windows. Lalu klik-kanan pada icon ‘network’ dan pilih menu “open network internet setting”.
  • Selanjutnya kamu perlu membuka setting koneksi jaringan, caranya klik menu ‘change adapter option’ agar melihat koneksi-koneksi yang ada.
  • Pilih mana koneksi jaringan yang ingin kamu ubah, caranya dalam menu ‘network connections’ coba klik-kanan pada koneksi yang kamu ingin ubah alamat DNS IP, pilih menu “properties”.
  • Nantinya kamu bisa sesuaikan koneksi yang hendak diubah. Ethernet biasanya merupakan koneksi dari LAN. Sementara jika menggunakan WiFi, cukup sesuaikan dengan opsi yang tersedia.
  • Pilihlah jenis koneksi, caranya di menu ‘WiFi properties’, kamu bisa pilih bagian “internet protocol tcp/ IPv4” lalu klik bagian “properties”.
  • Tahap terakhir yaitu input alamat IP, di bagian bawah menu ‘internet protocol IPv4 ada pengaturan DNS untuk kamu ubah. Input saja alamat ip sesuai angka-angka di atas, dan jangan lupa untuk klik “save” agar dapat menyimpan konfigurasi.

Kadang perlu untuk kita melakukan clear cache agar informasi DNS Google bisa benar-benar baru yang dihasilkan, bukan cache yang lama. Jika cache DNS sudah usang, bisa saja memberikan informasi kurang sesuai saat mengakses website.

2.     Memakai Google DNS pada perangkat Linux

Kalau kamu menggunakan Linux, maka langkahnya lebih singkat. Meski begitu, kamu harus tahu fungsi-fungsi edit dasar dan akses file memakai terminal.

  • Pertama-tama konfigurasi server DNS di Linux, ada pada bagian resolv.conf. Biasanya file satu ini diletakkan di /etc/resolv.conf, kamu bisa mengakses menggunakan terminal. Hanya cukup tambahkan IP Google Public DNS pada file tersebut.
  • Bukalah terminal lalu edit resolv.conf dan tambahkan “nameserver 8.8.8.8” (tidak memakai tanda petik) ke file.
  • Simpan konfigurasi tersebut agar bisa menerapkannya.

Itulah penjelasan mengenai apa yang dimaksud dengan DNS yang disediakan Google ini, apa saja keuntungannya saat digunakan dan Google how to change phone DNS. Agar kamu bisa lebih memahami mengenai DNS atau pun bidang IT lain, kamu bisa ikuti pelatihan IT terpercaya seperti di ITBOX. Di website ITBOX kamu bisa menemukan beragam macam pelatihan termasuk seputar DNS Google dan bidang pelatihan lain dengan mentor berkualitas dan materi yang terbaru.

0 komentar:

Posting Komentar